Rabu, 22 Desember 2010

Peringatan Hari Ibu Kerap Terlupakan oleh Sang Anak


PAUD Menjadi Bukti Kasih Sayang Ibu

Keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi bukti kasih sayang seorang ibu terhadap anak-anaknya. Mereka rela melupakan aktifitas kesehariannya untuk mengantar anaknya memperoleh pendidikan. Karena para ibu percaya pendidikan menjadi bekal utama bagi anaknya menjalani kehidupan di masa yang akan datang.

Oleh Asep Firdaos

“Bangun, bangun, bangun. Cepat mandi, biar gak kesiangan,” ujar Nurhabibah (32) seorang ibu saat membangunkan anaknya. Habibah adalah satu diantara ibu yang selalu memperhatikan pendidikan anaknya. Dia tidak mau, satu hari saja, anaknya tidak masuk sekolah karena alasan bolos.

Tidak hanya itu, kewajiban menjadi seorang ibu bukan hanya itu. Habibah harus bisa mengurus urusan rumah tangganya yang tidak pernah habis. Setiap pagi Habibah harus mencuci, memasak, bahkan membersihkan ruangan rumahnya. Namun baginya, urusan itu harus ditinggalkan karena kepentingan sekolah anaknya.

Usia anaknya yang baru duduk dibangku taman kanak-kanak itu, memang membutuhkan ekstra bimbingan dari orang tuanya. Karena tanpa bimbingan itu, bisa membuat anak tak akan mengenyam pendidikan di usia dini. Sementara, pendidikan usia dini akan menjadi awal pembelajaran hidup bagi setiap anak.

Pengabdian seorang ibu terhadap anaknya, sering kali terlupakan oleh kita semua. Tetapi bagi mereka tidak pernah berharap balas budi atas pengabdian dari seorang anak. “Namanya juga ke anak. Rasa kasih sayang saya, tidak pernah minta balas budi. Dengan melihat anak berhasil dan sukses saja, saya sudah merasa senang,” ujarnya.*

Tidak ada komentar: