Kamis, 13 Agustus 2009

Banyak Anak Usia Dini Belum Dapat Pendidikan


Masih banyak anak usia 0-6 tahun yang belum mendapat pendidikan usia dini. Sementara anak pada usia itu wajib mendapat pendidikan sebagaimana yang telah diamanatkan oleh UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdinas). Hal itu dijelaskan Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Purwakarta, Panda Dinata SPd MM, Rabu (12/8).


“Untuk pendidikan anak usia dini ini, di Purwakarta memang masih tertinggal. Dari jumlah penduduk yang ada, baru sekitar 40 persen anak usia 0-6 tahun yang sudah mendapat pendidikan. Sebagian besarnya masih belum,” ujar Panda, seraya menambahkan, porsentase itu meningkat setelah terjadi peningkatan PAUD di berbagai daerah.


Ia melihat, pertumbuhan PAUD saat ini tidak hanya terjadi di perkotaan saja. Melainkan juga di pedesaan. Sehingga, hingga tahun ini tercatat sebanyak 303 PAUD yang sudah berdiri di Purwakarta. “Idealnya di setiap desa sudah punya PAUD. Hanya saja PAUD yang ada sekarang belum menyebar,” katanya.


Sementara ini, jumlah PAUD di Purwakarta yang ada terdapat 101 penyelenggara. Sedangkan tutornya berjumlah 202 orang. Para tutor itu semuanya diberikan biaya transportasi. Masing-masing tutor diberikan uang transport sebesar Rp100 ribu per bulan. “Saya harap pada tahun 2010 ini anak usia dini ini bisa terserap sampai 50 persen,” ucap Panda.


Selama ini, keberadaan PAUD lebih cendrung pada partisifasi masyarakat. Karena bantuan dari pemerintah belum bisa dilakukan secara maksimal. Bantuan yang ada baru bersifat anggaran pelatihan dan pembinaan kepada para tutor saja. “Itu juga baru dari anggaran pemerintah provinsi dan pusat. Sedangkan dana dari kabupaten belum ada,” tegasnya.****