Minggu, 30 Agustus 2009

PAUD Nurhidayah Butuh Permainan Edukatif

Fasilitas permainan edukatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat diperlukan. Pasalnya, alat permainan ini akan sistem mendidik yang mudah dicerna oleh setiap anak. Sehingga dalam menyelenggarakan pendidikan ini, sepantasnya dilengkapi dengan sarana dan prasarana itu

Ketua Penglola PAUD Nurhidayah, Drs Ahmad Patoni, Minggu (30/8) menyebutkan, untuk melengkapi fasilitas permainan edukatif itu bukan hal yang mudah. Sarana itu membutuhkan biaya yang cukup mahal. Sehingga tak mungkin bisa dicapai oleh penyenggara PAUD yang baru berusia satu hingga lima tahun.


“Mahal sekali untuk menyediakan alat-alat permainan itu. Pada permainan outdoor, setiap jenisnya sekitar Rp500 ribu sampai dengan Rp2 juta. Untuk permainan outdoor ini bukan hanya satu, tapi banyak jenisnya. Belum lagi alat-alat permainan edukasi indoor,” terangnya.


Guna mencukupi alat permainan itu, kata Patoni, pihaknya berharap pemerintah turut memikirkan kebutuhan itu. Karena, alat-alat permainan indoor maupun outdoor merupakan sarana yang sangat penting dalam menyelenggarakan PAUD. “Dalam mendidik anak usia dini ini sangat berbeda dengan anak usia sekolah dasar. Mendidik anak usia itu salah satu caranya dengan alat permainan kesukaannya,” ungkap dia.


Dengan begitu, PAUD Nurhidayah yang terletak di Kampung Pananggayan Kaler RT 12/04 Desa Tajursindang Kec Sukatani - Purwakarta, tengah berupaya menyediakan sarana dan prasarana penyelenggaran pendidikan seperti itu. Namun, upaya tersebut hingga kini masih belum berhasil.


“Kami ingin memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik dengan maksimal. Namun keinginan itu belum terwujud. Untuk itu dalam melengkapi sarana outdoor, kami sediakan saran bermain buatan. Alat-alat itu dibuat dengan bahan bambu dan kayu,” jelasnya.****

3 komentar:

pelangi anak mengatakan...

Posting yang bagus!
Memang terkadang kita menghadapi kendala yang serius soal fasilitas sarana dan prasarana yang edukatif dan layak bagi anak didik serta yang bisa membuat anak senang dan nyaman dalam bermain. Mengingat, metode dan cara mendidik anak usia dini ini sangat berbeda dengan anak usia sekolah dasar dan membutuhkan peraga dan prasarana yang khusus.

Oiya, salam kenal Ibu/Bpk staf pendidik PAUD NURHIDAYAH PURWAKARTA.

Saya kebetulan juga praktisi PAUD di Jogja dan masih kuliah di UNY prodi PAUD angkatan 2008. Kini saya sedang menjadi staf Freeland di TK Al-Azhar 31 Yogyakarta. Senang rasanya bisa mengajar anak-anak yang cerdas dan lucu. Rasanya semua lelah dan capek langsung sirna ketika berinteraksi dengan mereka.

Saat ini saya juga sedang mengembangkan kemampuan diri dengan belajar menulis cerita anak dan dongeng, juga mendongeng, dengan harapan, kelak ketika saya sudah diberi kepercayaan sepenuhnya untuk mengajar dan mendidik anak-anak usia dini saya bisa mendidik mereka dengan penuh dedikasi dan sesui dengan metode yang dianggap tepat dan sesuai.

Dengan membangun komunikasi lewat jejering blog ini saya berharap bisa mendapatkan teman yang bisa saling berbagi ilmu dan ketrampilan dalam mendidik anak usia dini.

Terima kasih, kali lain akan saya sempatkan lagi berkunjung ke blog istimewa ini.

Selamat berjuang, para pejuang pendidikan Indonesia!

PAUD NURHIDAYAH PURWAKARTA mengatakan...

trims atas komentarnya.. hal ini telah membuat aku semakin semangat dan merasa optimis... Salam kenal jg...

PAUD NAELULMUNA mengatakan...

SAlam Silaturaihim dai kami PAUD NAELULMUNA - LELES - GARUT.